Minggu, 30 Januari 2011

Obat Ajaib di Sekitar Kita I

Apel (Apple)
Terutama kaya akan mineral dan vitamin-vitamin, juga asam amino dan gula alami. Apel dimakan pada waktu malam akan membantu cepat tidur. Apel membantu mengatasi pencernaan dan membantu pembilasan ginjal. Jus apel sangat baik diminum, atas dasar pengobatan atau penyembuhan. Minumlah kira-kira setengah liter sehari. Cuka sari buah apel juga punya khasiat terhadap ketahanan tubuh, masukkanlah dua sendok teh penuh ke dalam segelas air, minum sekali atau dua kali sehari. Beberapa dokter menyarankan apel untuk menyeimbangi kelebihan kolesterol dalam darah.

Limau (Limon)
Sebagai obat penangkal kudis, jus limau dapat digunakan sebagai penyembuh infeksi sistem pernapasan dan juga merupakan tonic umum. Aduklah dengan air, beri madu bila diinginkan, tidak perlu takut kelebihan dosis bila diminum dalam bentuk ini. Ia merupakan penyembuh penyakit kuning. Jus lemon dapat membantu regenerasi liver, memberikan keseimbangan tubuh akibat alkohol yang berbahaya. Bagi yang ingin mengurangi berat badan, bisa meminumnya waktu pagi dicampur air panas atau dingin. Ia juga merupakan astringen yang baik yang dapat digunakan sebagai obat kumur terhadap nyeri kerongkongan, uterine haemorrhage setelah melahirkan atau juga bisa sebagai lotion terbakar matahari.

Kentang (Potato)
Gizinya banyak terletak pada bagian bawah kulitnya. Jangan mengupas berlebihan, cukup mengupas kulit yang tipis bila hendak memakannya. Sesisir kentang merah yang ditempelkan ke kening dapat meringankan sakit kepala. Dapat menyembuhkan lingkaran-lingkaran di bawah mata dan bengkak kelopak mata.

Bawang Putih (Garlic)
Bawang putih punya dua khasiat yang luar biasa. Pertama membuka saluran darah, dan kedua merupakan antibiotik yang kuat. Telah beberapa abad digunakan sebagai obat demam, batuk, bronchitis dan kerongkongan. Untuk pengobatan arthritis, rheumatic, sciatica dan infeksi sinus, gilinglah dua siung dengan sesendok teh madu murni, diminum selama 3 atau 4 hari berturut-turut. Bawang putih yang dimasukkan ke dalam mentega dan madu membantu penyembuhan gangguan ginjal dan kandung kemih. Bawang putih dicampur dengan susu untuk mengurangi tekanan darah tinggi dan menyembuhkan sakit kepala. Bawang putih juga berkhasiat sebagai penyembuh infeksi usus dan gangguan liver.

Bawang Merah (Onion)
Minyak bawang merah yang pedas, merupakan alat penyembuh yang mempunyai efek pembunuh kuman yang baik luar maupun dalam. Bawang merah punya pengaruh penormal isir terhadap sistem saraf usus. Bawang merah membantu pencernaan dan pembuangan empedu, disamping itubawang merah juga dapat enurunkan tekanan darah. Bawang merah merupakan obat standar dalam penyembuhan deman dan selesma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar