Kamis, 19 April 2012

Kebiasaan Kecil Yang Kuno Tapi Terbukti


Orang tua pasti mengajarkan hal-hal yang baik bagi anak-anaknya. Namun, apa yang dikatakan orang tua sering sekali disepelekan dengan alasan orang tua kuno atau sudah ketinggalan jaman. Namun, ternyata apa yang dikatakan orang tua yang sering kita bilang ketinggalan jaman itu telah dibuktikan oleh penelitian.
Berikut ini beberapa fakta dari kebiasaan baik yang sering diajarkan orangtua sewaktu Anda kecil, seperti dikutip melalui majalah Cosmopolitan Indonesia, Senin (16/4).
"Oleskan air liur ke luka kamu."
Dulu saat kita masih kecil pasti kita masih ingat saat kita terantuk/terbentur sesuatu ibu kita pasti akan menggosok-gosokkan rambutnya ke kepala kita yang terbentuk, atau ketika kita terjatuh, ibu akan mengoleskan luka kita dengan air liurnya. Saat itu kita pasti berpikir bahwa air itu cara yang mengada-ada, menjijikkan dan bau. Namun, taukah Anda bahwa air liur itu sangat baik untuk digunakan. Bahkan menurut penelitian yang dilakukan oleh rumah sakit St. Bartholomew, Inggris, air liur mengandung nitric oxide dan ascorbate, yang berfungsi sebagai antimikrobial. Jadi, jika lain kali Anda terluka, jangan ragu untuk mengoleskan air liur terlebih dahulu.
"Jangan mandi malam-malam, nanti rematik!"
Mungkin hal ini lebih masuk ke mitos. Petuah ini sebenarnya lebih ditujukan untuk penderita rematik yang memang tidak disarankan untuk mandi malam-malam, apalagi menggunakan air dingin. Tetapi jika tubuh Anda sehat dan bugar, tak ada salahnya untuk mandi malam-malam. Waktu mandi yang baik itu ialah antara pukul 16.30-18.30.
“Tidur siang dulu”
Tidur siang antara 15-30 menit terbukti dapat meningkatkan kerja otak serta fokus kita untuk melanjutkan hari. Waktu istirahat di kantor bisa dimanfaatkan untuk mengistirahatkan otak sejenak dengan tidur siang. Ini terbukti meningkatkan produktifitas kerja otak.
"Ayo cuci tangan kamu sebelum makan."
Menurut penelitian, sekitar 80 persen penyakit ditularkan melalui kontak tangan dan bisa dicegah dengan hal sepele, yaitu mencuci tangan dengan sabun. Namun, jika Anda dalam perjalanan, maka hand sanitizer masih bisa diandalkan. Asalkan memilih hand sanitizer dengan kandungan alkohol paling tinggi (idealnya antara 60-95 persen). Anda bisa membaca mengenai sejarah sabun di sini.
"Jangan lupa gosok gigi sebelum tidur."
Jangan abaikan kegiatan sebelum tidur ini, karena menurut penelitian yang dilakukan oleh British Medical Journal yang melibatkan 11.869 orang dewasa dalam kurun waktu tiga sampai lima tahun, sekitar 70 persen penderita sakit gigi ternyata juga mengidap sakit jantung. Hal ini disebabkan oleh apa yang disebut "chronic inflammation" yang mengakibatkan gangguan kronis pada syaraf-syaraf yang terkoneksi ke jantung. Untuk membuat agar anak kita suka untuk menyikat gigi, kita bisa memilihkan pasta gigi khusus anak dengan rasa buah kesukaannya. Misalnyadengan Optifresh Kids Fluoride Toothpaste.
Atau dengan cerita-cerita agar anak mau menyikat giginya. Tapi ingat kita juga harus menyikat gigi sebelum tidur, menunjukkan contoh yang baik bagi si kecil.

Berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar